INDONESIA

Northern Part of Sumatera Island

All you need is here. Scroll, Read and Stay update . . .

Kembalikan domain blog kamu menjadi .com, bukan .co.id!


Yaps, bener kali ini mau ngebuat alamat blog beralih otomatis dari blogspot.co.id menjadi ke blogspot.com seperti gambar di atas. Menurut informasi dari website yang saya kunjungi, lebih baik menggunakan domain .com karena alasan global, katanya. Dan ada beberapa alasan lain yang saya kutip yaitu ;


  1. The social stats – like your Facebook Likes, Google +1s and Tweet counts – for your blog posts may be reduced as the URLs for the same blog post will be different for different visitors.
  2. Disqus & Facebook Comments -- You will have a similar problem if you are using an external commenting platform like Disqus or Facebook Comments because the blog URLs will be different even when the underlying page is the same.
  3. External Link -- Also, if canonicalization isn’t implemented properly, it may cost you some Google juice as external websites may link to your country-specific pages.
  4. Google AdSense -- Some users have reported a dip in Google AdSense earnings when pages are served through country-specific domains.
Nah website yang juga menegaskan hal seperti di atas juga didapat dari labnol. So buat blog kamu yang masih berdomain .co.id, disarankan ubah ke .com.

Nih ada kode yang otomais mengubah alamat blog kamu menjadi .com. Bisa dicoba, kebetulan artikel ini adalah sebagai catatan tersendiri, dan credit source akan dibuat di akhir artikel ini.

  • Masuk ke Dashboard-Template-Edit Template
  • Backup (Optional)
  • Cari kode <head> dan pastekan tepat dibawahnya, atau erserah kamu yang penting masih lingkup kode tersebut, and save.
    <script type="text/javascript">
    var blog = document.location.href.toLowerCase();
    if (!blog.match(/\.blogspot\.com/)) {
    blog = blog.replace(/\.blogspot\..*?\//, ".blogspot.com/ncr/");
    window.location.replace(blog);
    }
    </script>
Nah sekarang silahkan kamu refresh blog kamu dan lihat hasilnya. Saya pribadi menilai sebenarnya sih bagus, akan tetapi apakah berdampak baik atau buruk kepada SEO saya juga tidak tahu. Alasan pasti yang saya temukan adalah;
  1. Link label pada menu utama blog kamu tidak akan terdeteksi, kamu wajib mengubah domain label kamu menjadi .com (ini ribet buat saya, artinya harus mengubah satu persatu). Justru sebailknya, pada menu Recent post, Random post, Popular post, dan sejenisnya sudah otomatis terdeteksi, hanya menu utama blog kamu saja yang harus diubah linknya.
  2. Tidak tahu apakah blog yang sudah kamu daftarkan pada webmaster berpengaruh terhadap indeks blog kamu atau tidak, ini masih menjadi pertanyaan buat saya.
Nah sekarang keputusan kamu, semua itu dirasa baik jika kamu memahami betul gunanya untuk apa. dan bagi kamu yang tidak mau ribet, biarkanlah domain blog kamu apa adanya.

Oh ia, jika ada yang berbaik hati mau menjelaskan lebih detail lagi mengenai artikel ini, silahkan komentar di bawah ya. Akan sangat berharga bila komentar kamu bermanfaat. Ciaao!
sumur: www.contohblogdotcom

Tidak ada komentar:
Write comments

PERHATIAN!

- Baca dulu artikel dan komentar yang ada dengan teliti sebelum menulis komentar

- Harap berkomentar dengan bijak dan sopan

- Centang 'Beritahu Saya' untuk mendapat jawaban balasan dari Email

- Link aktif, iklan, dan sejenisnya, akan dimasukan ke folder SPAM

- Kalimat yang mengandung makna dan tujuan yang tidak baik akan dihapus!

Akhirnya semua akan kembali ke titik jenuh. Bila saat itu tiba, Kembalilah. Kembali kepada siapa? Kembali kepada Dia pastinya - !
Join Our Newsletter